Libur, ke Banda Aceh saja!




Tuesday, March 29, 2011
LIBUR PANJANG, tepatnya ke Banda Aceh saja! Kota tua yang telah berusia 800 tahun ini, selain dikenal kaya objek wisata peninggalan masa dahulu, sekarang telah tumbuh objek-objek wisata baru dengan situs-situs tsunami yang memiliki keunikan dan tak bisa ditemui di daerah lain ini sangat layak untuk dikunjungi.Dulu, orang mengenal Banda Aceh dan Aceh secara umumnya daerah konflik dan porak-poranda setelah dihantam gempa berkekuatan 8,9 skala richter yang disusul gelombang tsunami. Tetapi kini sejak rehab-rekon berlangsung pascatsunami, wajah Kota Banda Aceh telah berubah menjadi kota metropolitan.

Sarana publik sudah memadai, tempat rekreasi telah bertambah dan semakin bervariasi sungguh membuat para wisatawan semakin tertarik. Seiring waktu, Kota Banda Aceh terus dipoles dalam rangka menuju kota kunjungan wisata di Indonesia tahun 2011.

Soal objek wisata Kota Banda Aceh, jangan pernah khawatir. Sejumlah objek wisata yang dimiliki oleh kota yang berpenduduk sekitar 230 ribu jiwa ini dipastikan akan memberikan Anda kepuasan dan membuat Anda betah.
Di antara objek wisata andalan Kota Banda Aceh untuk Anda kunjungi adalah Museum Tsunami di kawasan Blang Padang. Museum itu terdiri tiga lantai dengan luas setiap lantainya 2.500 meter persegi. Di Museum itulah sejumlah benda dan replika yang menggambarkan kedahsyatan bencana tsunami 2004 yang menewaskan 260 ribu orang bisa Anda saksikan.
Anda juga bisa mengunjungi situs tsunami PLTD Apung di Punge Blangcut yang kini banyak dikunjungi wisatawan. PLTD Apung itu merupakan pembangkit listrik seberat 200 ton yang terdampar ke tengah pemukiman warga setelah dihempas tsunami dari tempatnya semula di Ulee Lhee.
Selain situs tsunami, Banda Aceh yang Anda kunjungi itu juga kaya akan situs-situs peninggalan sejarah Kerajaan Aceh yang pernah menjadi salah satu kerajaan Islam terkuat di dunia pada abad ke XVI masehi. Di antaranya Taman Putro Phang (tempat pemandian permaisuri Sultan Iskandar Muda), Kerkhof (makan serdadu Belanda yang tewas dalam Perang Aceh), Gunongan dan Taman Raja-raja, Pinto Khop, Museum Rumoh Aceh, Makam Raja-raja dan Ulama-ulama Aceh terdahulu, Meuligoe (Istana Raja Aceh), Masjid Raya Baiturrahman dan situs sejarah lainnya yang mampu menarik minat Anda.
Begitu juga dengan sejumlah objek wisata pantai yang akan memikat Anda sebagai pengunjung untuk betah dan nyaman. Seperti pantai berlaut landai Ulee Lheu sekaligus dengan berbagai fasilitas tempat bermain yang cocok untuk keluarga dan anak-anak anda. Anak bermain di situ, dijamin pasti gembira.
Tidak hanya itu, Banda Aceh sekarang juga memiliki pusat-pusat jajanan kuliner yang menyajikan makanan-makanan khas Aceh yang unik dan lezat untuk dicicipi. Anda bisa menikmati sajian menu makanan misalnya di Taman Kuliner Ulee Lhee, Taman Kuliner di Simpang Mesra atau di Rex Peunayong. Begitu juga dengan restoran dan rumah makan lainnya hadir dengan menyediakan makanan keunggulannya masing-masing sehingga membuat Anda tidak jenuh dan bosan menyantapinya.
Juga hampir di setiap sudut Kota Banda Aceh kini hadir hotel-hotel indah nan mewah dan pusat perbelanjaan modern nan besar serba ada. Sehingga membuat Anda tidak kesulitan untuk mencari penginapan dan berbelanja apa saja.

Selain berbagai fasilitas yang telah dibangun tersebut, dalam rangka Visit Banda Aceh Year 2011, pihak pemerintah Kota Banda Aceh juga menggelar ajang kreasi adat dan budaya Aceh bertaraf internasional.
"Untuk mengundang wisatawan datang ke Banda Aceh, kami juga menggelar ajang kreasi adat dan budaya bertaraf internasional sepanjang tahun 2011 nanti," sebut Walikota Banda Aceh, Mawardy Nurdin seperti dilansir sejumlah media.
Dalam rangka menyambut pengunjung di Kota Banda Aceh, Mawardi menyatakan, Pemko Banda Aceh dan masyarakatnya siap memberi kenyamanan bagi wisatawan.
Untuk bisa menyaksikan berbagai ajang kreasi adat dan budaya yang akan digelar oleh Pemko Banda Aceh dalam rangka Visit Banda Aceh Year 2011, anda bisa mengakses informasinya di situs http://bandaacehtourism.com. Di situ, tersedia berbagai informasi seputar pagelaran dan pertunjukan seni-budaya Aceh.
Pementasan dan pagelaran seni-budaya itu sengaja dipersembahkan buat Anda sebagai wisatawan. Semoga Anda puas dengan berbagai pertunjukan tersebut. Sehingga membuat Anda kaya akan pengetahuan tentang Aceh. Silakan nikmati! Karena semua ajang kreasi itu bisa dinikmati di Kota Banda Aceh sepanjang tahun 2011.
Anda siap berlibur? Ayo berangkat ke Kota Banda Aceh sebagai kota Bandar Wisata Islami di Indonesia. Feel the Harmony, Discover the Extraordinary....

0 komentar:

Post a Comment

 

Flickr Images

Video of the day

Copyright © 2015 • Aceh Plus
Blogger Templates