Lama waktu kita berpuasa pada Ramadan 2014




Sunday, June 29, 2014

Ramadan telah tiba. Terhitung sejak hari ini Ahad (29/6) umumnya masyarakat di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan 1435 hijriah. Puasa Ramadan tersebut diwajibkan kepada muslim yang sudah baligh sekali dalam setahun.

Ibadah puasa Ramadan dijalankan oleh umat Islam dengan menahan makan dan minum mulai terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Di Indonesia, jika dihitung lama waktu berpuasa yang dijalankan oleh setiap muslim dari waktu subuh hingga magrib itu sekitar 13 jam 20 menit.

Intisari menuliskan, jika dibandingkan dengan Muslim yang berpuasa di Mesir ataupun di Eropa, kaum muslim di Indonesia terhitung beruntung. Pada tahun ini, kalau kebetulan tengah berada di Mesir, kita harus berpuasa sekitar 16 jam.

Di Eropa lebih lama lagi. Misal tengah berada di Belanda dan Inggris, kita akan berpuasa antara 17-18 jam sehari.

Mengapa demikian?

Intisari melaporkan, karena perputaran bumi dalam mengelilingi matahari tidaklah lurus tetapi miring. Hal ini menyebabkan pada periode waktu tertentu, antara Maret-September, negara-negara di belahan bumi utara menerima cahaya matahari lama dari yang di belahan selatan.

Sementara pada periode Oktober-Februari negara di belahan bumi selatan menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di belahan Bumi utara.

Untuk Ramadan 2014 tahun ini, salah satu daerah yang waktu puasanya paling lama adalah Provideniya, di Rusia. Mereka yang tinggal di sana mesti berpuasa selama 19 jam 57 menit.

Sementara bagi kita masyarakat Aceh, lama waktu kita berpuasa pada Ramadan 2014 ini dalam sehari selama 13 jam 55 menit.

0 komentar:

Post a Comment

 

Flickr Images

Video of the day

Copyright © 2015 • Aceh Plus
Blogger Templates