Jalur UM-PTAIN, UIN Ar-Raniry Tertinggi Peminat




Tuesday, June 24, 2014
Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menjadi kampus pemilih terbanyak pada Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTAIN) yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia pada 24 dan 25 Juni 2014.

Hal itu disampaikan Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi Ibrahim usai melakukan monitoring penyelenggaraan UM-PTAIN di Auditorium Prof. Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh, Selasa (24/6). Dirincikan, total pendaftar jurusan di UIN Ar-Raniry dengan pilihan pertamanya mencapai 5.436 orang.

Rektor mengatakan, dari seluruh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) di seluruh Indonesia yang berjumlah 53 kampus, terdiri dari 8 UIN, 18 IAIN dan 27 STAIN, UIN Ar-Raniry berada pada posisi tertinggi peminatnya yang memilih jalur UM PTAIN ini, sama halnya dengan tahun lalu Ar-Raniry juga berada pada peringkat tertinggi untuk pilihan pertama.

“Peserta yang mengikuti tes memalui jalur UM PTAIN ini tidak hanya dari Aceh, banyak juga calon mahasiswa dari luar Aceh yang menentukan pilihannya pada UIN Ar-Raniry, karena pendaftaran ini dilakukan secara online untuk nasional,” ujar Farid sebagaimana disebutkan dalam siaran pers.

Disebutkan, UIN Ar-Raniry menerima mahasiswa baru melalui empat jalur, ini merupakan jalur ketiga dari empat jalur itu, sebelumnya telah dibuka jalur undangan yang dikirim oleh sekolah, sebanyak 480 orang dinyatakan lulus dan telah mendaftar ulang, kedua melalui jalur SPAN (seleksi prestasi akademik) penilaiannya melalui nilai rapor sekolah, yang mendaftar hampir 15 ribu, namum diterima hanya 1100 orang.

“Jalur UM-PTAIN ini dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, jawaban peserta akan dikirim kembali kepada panitia pusat di Jakarta, mereka yang menentukan kelulusannya, UIN Ar-Raniry akan menerima melalui jalur ini 2500 orang dari 5436 pendaftar,” Kata Farid yang juga ketua forum Rektor PTAIN se Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment

 

Flickr Images

Video of the day

Copyright © 2015 • Aceh Plus
Blogger Templates