#HariBloggerNasional Trending Topic Twitter




Tuesday, October 27, 2015
Pagi ini, begitu buka twitter, terlintas tweet @nukman yang mencuit alamat blognya dengan menyertakan "#HariBloggerNasional". Ini kemudian yang membuat saya untuk mencari tahu lebih lanjut terkiat hastag tersebut.

Melirik ke trending topic twitter Indonesia, apa yang tersemat di tweet @nukman tadi itu, yakni #HariBloggerIndonesia berada di urutan teratas Tren Indonesia. Wow! Semakin penasaran untuk segera cari tahu kenapa bisa hastag Hari Blogger Indonesia itu jadi trending topic mulai dari pagi tadi hingga tulisan ini saya posting?!

Searching di google, terdapat banyak bahasan soal tersebut. Lantas saya memilih untuk mengklik link Kompas.com dengan judul beritanya: Hari Blogger Nasional, Sejarah dan Perkembangannya.

Berita yang ditulis Tenni Purwanti, Kamis 27 Oktober 2011 ini dijelaskan, hari itu para blogger memperingati Hari Blogger Nasional untuk kali keempat. Hari Blogger Indonesia pertama kali dicanangkan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Muhammad Nuh pada pembukaan Pesta Blogger 27 Oktober 2007 lalu.

So, 27 Oktober 2015 ini berarti bertepatan Hari Blogger Nasional untuk kali kedelapannya, ya guys?!

Secara global, blog adalah singkatan dari web log, yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Dalam berita kompas.com tersebut disebutkan, media blogger pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab,  yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. Sejak itu, banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka, yang membantu para blogger mengembangkan blog yang dimiliki.

Lebih lanjut dijelaskan, blog menjadi semakin populer di Indonesia, ketika banyak orang yang kemudian menjadi terkenal hanya karena hobi menulis blog. Ambil contoh Raditya Dika. Karena menulis blog, Raditya Dika menjadi pemenang Indonesian Blog Award dan The Online Inspiring Awards 2009 oleh Indosat. Dari penghargaan tersebut, ia memberanikan diri mencetak isi blog-nya dan buku pertama terbit dengan judul Kambing Jantan. Buku ini merupakan catatan hariannya yang selama ini ditulis di blog kemudian dibukukan dan mendapat penjualan terbaik dalam skala nasional. Cerita dalam buku itu juga kemudian diangkat ke dalam film dengan judul yang sama dan dibintangi sendiri oleh Raditya Dika.

Adapun jumlah pengguna blogger di Indonesia, menurut blogger senior Matahari Timoer, hanya 3,5 persen dari 88,1 juta pengguna internet di Tanah Air. Menurut ketua panitia Blogger Camp 2015 ini, walaupun tren blogging cenderung menurun yakni 3,5 persen dari seluruh pengguna internet, dirinya yakin para blogger tetap bertahan dan memiliki kredibilitas.

Blogger Camp 2015 ditujukan untuk meningkatkan kredibiltas para blogger dengan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan serempak di empat kota pada 26 dan 27 Oktober bersama hampir 300 blogger paling berpengaruh.

Terakhir, lewat tulisan ini saya mengucapkan Selamat Hari Blogger Nasional buat teman-teman blogger di seantero Indonesia, khususnya para blogger di Aceh. Tetap semangat ngeblog teman-teman, ya...!!

0 komentar:

Post a Comment

 

Flickr Images

Video of the day

Copyright © 2015 • Aceh Plus
Blogger Templates